Obesitas Sebabkan Asam Urat?

Daftar Isi [Tampilkan]
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

nyeri-lutut-asam-urat-doktersehat
Photo Source: Flickr/sblackley

DokterSehat.Com– Akibat gaya hidup masyarakat modern yang semakin tidak sehat, banyak orang yang kini mengalami masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Yang menjadi masalah adalah, kelebihan berat badan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Salah satunya adalah masalah asam urat.

Dilansir dari WebMD, obesitas bisa mempengaruhi peningkatan risiko terkena radang sendi pada lutut, pinggul, dan punggung. Beratnya  beban yang harus ditopang persendian akan membuat tekanan pada persendian meningkat dan membuat tulang rawan menjadi semakin menipis. Kondisi ini juga bisa menjadi semakin memburuk akibat asam urat.

Seringkali, makanan yang dikonsumsi penderita masalah berat badan adalah makanan yang kaya akan kandungan purin seperti jeroan atau daging merah. Tak hanya kaya akan lemak sehingga bisa membuat berat badan meningkat, purin juga akan diolah tubuh menjadi kristal asam urat yang akhirnya menumpuk di persendian. Hal inilah yang kemudian menyebabkan masalah asam urat dalam tubuh.

Selain menyebabkan masalah asam urat, berat badan berlebihan juga bisa menyebabkan sleep apnea, kondisi henti napas saat tidur yang seringkali dianggap sebagai masalah mendengkur. Padahal, kondisi ini jauh lebih parah dan bisa menurunkan kualitas tidur dengan signifikan sekaligus meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menjaga berat badan tetap ideal dengan cara menjaga pola makan tetap sehat, rajin berolahraga, dan tidur dengan durasi yang cukup. Kita juga sebaiknya menjaga camilan kita sehari-hari karena seringkali camilan yang tidak sehat adalah penyebab utama dari kenaikan berat badan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel