Hoaks, Air Lemon Tidak Bisa Mengatasi Maag

Daftar Isi [Tampilkan]
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Asam Lambung Tinggi

DokterSehat.Com– Selain telat makan, penyebab lain munculnya maag adalah kebiasaan mengonsumsi makanan asam, makanan pedas, atau makanan berlemak. Untuk mengatasinya, kita bisa mengonsumsi obat maag atau beberapa bahan alami. Salah satu bahan alami yang sering digunakan adalah air perasan jeruk lemon.

Meskipun memiliki rasa yang asam, banyak orang yang percaya jika air perasan lemon bisa membuat asam lambung menjadi netral. Saat asam lambung naik, maka kita akan merasakan sensasi terbakar pada dada dan ulu hati sekaligus membuat mual-mual dan rasa tidak nyaman. Mengonsumsi air perasan jeruk lemon disebut-sebut bisa meredakan sensasi nyeri tersebut dan menurunkan peradangan pada lambung.

Kandungan di dalam lemon seperti vitamin A dan vitamin C juga diyakini bisa membuat fungsi pencernaan membaik. Dengan rutin mengonsumsinya, maka keseimbangan bakteri di dalam usus akan terjaga dan dinding bagian dalam lambung akan menjadi lebih sehat. Banyak orang pun kemudian rajin mengonsumsi air lemon saat perut sedang berada dalam kondisi kosong atau sekitar 15-30 menit sebelum mengonsumsi sarapan pagi.

Sayangnya, menurut dr. Ari Fahrial Syam, anjuran untuk mengonsumsi air lemon demi mengatasi maag ini tidak benar adanya. Dikutip dari akun Twitter @anjarisme yang sering mengungkap fakta dan hoaks di bidang dunia kesehatan, disebutkan bahwa jika pasien maag minum air lemon padahal kondisi dinding lambungnya sudah terluka akibat maag, maka dikhawatirkan kondisi lambungnya bisa menjadi semakin parah.

Demi mengatasi maag, pakar kesehatan menyarankan penderitanya untuk mengubah pola makan, khususnya dalam hal memastikan diri untuk makan tepat waktu dan menghindari beberapa makanan yang bisa menyebabkan maag seperti minuman bersoda, minuman berkafein, minuman beralkohol, atau cokelat. Pastikan untuk tidak merokok, tidak mudah stres, dan rajin berolahraga. Jika memang maag sudah cukup parah, sebaiknya memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter demi mendapatkan obat yang tepat.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel