Jamur, Makanan yang Direkomendasikan Bagi Penderita Diabetes

Daftar Isi [Tampilkan]
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Manfaat-gizi-jamur-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Dean Morley

DokterSehat.Com– Jamur kini telah menjadi salah satu lauk yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Semakin banyak jenis jamur yang diketahui memiliki rasa yang enak dan mudah diolah menjadi makanan yang menggoda selera. Banyak orang yang bahkan mengaku mengalami peningkatan nafsu makan saat mengonsumsi jamur.

Dilansir dari Asian Town, tak hanya lezat dan memiliki bau yang harum, jamur ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh, khususnya bagi penderita diabetes. Rutin mengonsumsi jamur ternyata bisa membantu proses menjaga keseimbangan kadar gula darah di dalam tubuh.

Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika penderita diabetes tidak mampu menjaga keseimbangan kadar gula darah dalam tubuhnya akibat terjadinya resistensi insulin. Melihat adanya fakta ini, jamur pun direkomendasikan menjadi makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes demi mencegah komplikasi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh T.N. Lakhanpal dari Himachal Pradesh University, India, dihasilkan fakta bahwa jamur memiliki sejenis senyawa aktif yang mampu menjaga tekanan darah dan gula darah berada dalam kondisi normal. Selain itu, jamur juga memiliki indeks glikemik yang rendah.

Kandungan potasium di dalam jamur sangat tinggi dan hampir tidak memiliki kandungan natrium sama sekali. Selain itu, jamur juga termasuk dalam makanan yang bebas lemak namun kaya akan protein sehat, biotin, riboflavin dan asam amino esensial.

Hanya saja, pastikan untuk mengolah jamur dengan tepat agar kita tidak membuatnya menjadi makanan yang kaya akan kalori atau lemak jahat. Olahlah dengan cara merebusnya atau menjadikannya sup agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel