Benarkah Jengkol dan Petai Bisa Turunkan Hipertensi?

Daftar Isi [Tampilkan]
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

manfaat-pete-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Alistair S

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar berita yang beredar di internet yang menyebutkan bahwa petai dan jengkol bisa menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Sebenarnya, apakah memang hal ini sesuai dengan fakta medis?

Menurut berita tersebut, kemampuan jengkol dalam menurunkan hipertensi disebabkan oleh adanya kandungan asam jengkolat dan mineral di dalamnya. Sementara itu, di dalam petai, kandungan trypthopan dan vitamin B6 disebut-sebut bisa membantu menyehatkan kesehatan psikis seseorang. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika stres, salah satu masalah psikis yang sering dialami banyak orang, bisa meningkatkan risiko terkena hipertensi.

Menurut pakar kesehatan, penderita hipertensi diperbolehkan untuk mengonsumsi jengkol dan petai. Hal ini berarti, lauk yang memang digemari oleh masyarakat Indonesia ini memang aman untuk dikonsumsi siapa saja. Hanya saja, bukan berarti jengkol dan petai bisa memberikan manfaat menurunkan hipertensi. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang memastikan bahwa baik jengkol ataupun petai memberikan manfaat kesehatan berupa menurunkan tekanan darah. Hal ini berarti, bisa dipastikan bahwa berita ini tidak akurat.

Meskipun aman untuk dikonsumsi, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi jengkol dengan berlebihan karena bisa saja memberikan efek buruk bagi organ ginjal. Selain itu, penderita hipertensi juga sebaiknya tidak hanya mengandalkan satu atau dua makanan saja untuk menurunkan tekanan darah. Mereka harus menjaga pola makannya menjadi lebih sehat, khususnya dalam hal menurunkan asupan garam, rutin minum obat, hingga rajin berolahraga. Dengan melakukan berbagai hal ini, maka tekanan darah bisa ditekan dengan signifikan.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel