Cokelat Mulai Memutih, Apakah Aman untuk Dimakan?

Daftar Isi [Tampilkan]
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

cokelat-doktersehat
Photo Source: Flickr/russellstreet

DokterSehat.Com– Salah satu makanan yang paling disukai oleh banyak orang adalah cokelat. Bagaimana tidak, rasanya yang manis bisa menenangkan pikiran. Selain itu, telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa cokelat termasuk dalam makanan yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Hanya saja, jika kita cermati, cokelat yang sudah lama disimpan cenderung mengalami perubahan warna, yakni memutih. Perubahan warna ini tidak merata. Terkadang, ada bagian yang memutih namun di bagian lain masih terlihat berwarna cokelat. Sebenarnya, apakah cokelat yang sudah mulai memutih ini aman untuk dimakan?

Menurut pakar kesehatan, bagian cokelat yang memutih ini disebut sebagai chocolate bloom. Kondisi ini sama sekali tidak menandakan bahwa cokelat mulai membusuk atau bahkan sudah tidak layak untuk dikonsumsi. Justru, kondisi ini disebabkan oleh kandungan di dalam cokelat yang mulai terurai akibat berada dalam susu yang berbeda.

Chocolate bloom bisa dibagi menjadi dua jenis, yakni fat bloom dan sugar bloomFat bloom terjadi tatkala cokelat terpapar suhu udara yang tinggi dan kemudian mengeras kembali tatkala suhu menurun. Kondisi ini membuat bagian butter terpisah dari cokelat dan akhirnya menyebabkan permukaannya seperti ada goresan berwarna putih. Sementara itu, sugar bloom dipicu oleh kelembaban. Setelah berada dalam kondisi lembab, cokelat kemudian mengering kembali sehingga kandungan gula di dalamnya mengkristal dan memicu munculnya bercak keputihan pada permukaan cokelat.

Tak perlu khawatir untuk mengonsumsi cokelat yang mengalami perubahan warna menjadi putih ini. Hanya saja, selalu pastikan bahwa cokelat tidak berada dalam kondisi kadaluarsa sebelum mengonsumsinya.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel