Cara Push-Up yang Benar dan Manfaatnya

Daftar Isi [Tampilkan]
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

push-up-doktersehat

DokterSehat.ComPush-up adalah olahraga yang ringan dan tergolong olahraga yang tidak memerlukan biaya sama sekali, dan push-up juga merupakan olahraga fisik yang sudah tak asing lagi di telinga kita. Sedari kecil kita juga sudah di perkenalkan dengan jenis olahraga yang menggunakan tubuh sebagai bebannya. Push-up memiliki fungsi yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Push-up dilakukan dengan cara menumpukan seluruh tubuh pada kekuatan lengan sehingga efek pengencangan pada otot lengan Anda akan telihat lebih signifikan jika rutin melakukannya dengan disiplin dan benar. Selain bisa mengencangkan otot lengan, olahraga push-up juga dapat membantu mengecilkan otot pada bagian perut. Tapi kebanyakan orang belum tahu cara push-up yang benar.

Baca juga: Mengantuk? Atasi Dengan Olahraga Push-Up

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal kita perlu mengetahui cara push-up yang benar, karena kita tak akan mau melakukan hal yang sia-sia. Sudah melakukan push-up secara rutin bukan mendapatkan tubuh yang ideal justru malah yang dirasakan hanya capek saja atau malah cedera.

Untuk menghindari kejadian itu terjadi, di sini kita akan membahas tentang bagaimana cara push-up yang benar. Melakukan push-up bukanlah hal yang sulit, tapi tetap saja kita harus memerhatikan keselamatan kita dalam melakukan olahraga ringan ini.

Cara Melakukan Push-Up yang Benar

Berikut ini adalah beberapa cara melakukan push-up yang benar, yang bisa Anda lakukan di manapun:

1. Pemula: push-up di dinding

Berdiri di depan diding yang datar, lalu letakkan kedua telapak tangan Anda di depan dinding. Lalu bengkokkan lengan Anda dengan memajukan badan ke depan dinding. Lakukan dengan sebanyak-banyak mungkin, jika sudah terbiasa dan coba lakukan gerakan puluhan kali. Sekarang coba Anda lakukan dengan tekanan pada setiap gerakan, dan cobalah setiap gerakan lakukan push-up dengan tangan satu.

2. Intermediate: push-up berlutut

Posisikan tubuh Anda layaknya push-up yang benar, tapi pada cara ini lutut Anda sebagai tempat tumpuannya. Letakkan tangan Anda di lantai dengan lurus dengan wajah ke depan dan kaki Anda disilangkan. Turunkan dada Anda dengan perlahan ke dekat lantai lalu kembali ke posisi semula.

3. Advanced: push-up sempurna

Sebaiknya saat melakukan push-up tidak perlu menggunakan alas, karena lebih baik lakukan langsung di depan lantai. Letakkan tangan di lantai dengan posisi terbuka selebar bahu Anda. Kaki bertumpu pada ujung jari kaki Anda, hingga tubuh berposisi lurus sempurna. Jangan ada posisi atau bokong Anda menonjol ke atas. Turunkan bahu Anda sampai membentuk siku 90 derajat. Kemudian dorong bahu dan lengan hingga lurus ke depan dengan sambil mengambil napas. Sebaiknya push-up dilakukan pada pagi dan sore hari, dan untuk para pemula sebaiknya melakukan push-up dengan bertahap-tahap.

Baca juga: 3 Jenis Latihan yang Seharusnya Menjadi Rutinitas Setiap Hari

Manfaat Push-Up

Berikut manfaatnya jika rutin melakukan push-up setiap hari pada pagi dan sore hari:

1. Mengencangkan otot

Melakukan push-up yang baik dan benar akan mengencangkan otot-otot Anda, terutama pada bagian lengan, dada, dan perut.

2. Meningkatkan percaya diri

Dengan melakukan push-up yang rutin maka akan meningkatkan rasa percaya diri kamu, karena vitalitas yang meningkat akan membuatmu percaya diri dalam setiap penampilanmu. Selain itu, dengan melakukan push-up sebanyak 50 sampai 100 kali akan membuatmu percaya kalau kamu memang kuat, maka dengan begitu Anda akan percaya diri.

Baca juga: Gerakan yang Bisa Anda Lakukan di Kantor untuk Membakar Lemak

3. Membakar kalori

Tentunya dengan melakukan push-up, maka tubuh kamu akan memerlukan energi yang banyak. Maka energi tersebut mungkin saja diambil dari cadangan lemak kamu, untuk itu push up dapat menjadi pilihan yang baik untuk membakar kalori di tubuh.

Push up adalah olahraga yang mudah dilakukan, tetapi mempunyai manfaat yang baik. Untuk itu dari sekarang cobalah biasakan push-up.

Itu dia cara push-up yang benar dan manfaatnya dari DokterSehat. Selamat mencoba ya, Teman Sehat!

_

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel