Bolehkah Penderita Asam Urat Makan Mie Instan?

Daftar Isi [Tampilkan]
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Risiko-bumil-mie-instan-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Else Hui

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika mie instan termasuk dalam makanan yang paling tidak sehat untuk dikonsumsi. Yang menjadi masalah adalah, rasa dari mie instan sangatlah nikmat sehingga jika kita seperti tak kuasa untuk menahan godaannya. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah penderita asam urat boleh mengonsumsi mie instan?

Sebagaimana kita ketahui, penderita asam urat tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan purin. Biasanya, kandungan ini bisa ditemukan dalam makanan seperti jeroan atau makanan laut. Mie instan memang tidak memiliki kandungan purin sebagaimana makanan-makanan tersebut, hanya saja, mie instan kaya akan kandungan garam, MSG, dan pengawet. Di dalam mie instan juga rendah serat dan protein. Jika dikonsumsi oleh penderita asam urat, maka kandungan di dalam mie instan akan merusak sistem metabolisme di dalam tubuhnya.

Salah satu bagian dari sistem metabolisme yang akan mengalami dampak paling buruk adalah proses peluruhan dan pengeluaran zat purin. Hal ini membuat purin terus menumpuk di dalam tubuh dan akhirnya membuat gejala penyakit asam urat menjadi semakin parah.

Jika sampai asam urat menjadi semakin parah, tak hanya akan membuat gejala seperti nyeri sendi semakin sering muncul, risiko untuk mengalami komplikasi batu ginjal juga akan meningkat. Hal ini disebabkan oleh semakin menumpuknya asam urat di dalam tubuh sehingga mempengaruhi kesehatan ginjal dengan signifikan. Selain itu, penderita asam urat juga akan lebih rentan mengalami masalah obesitas yang tentu akan membuat kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan akan semakin menurun.

Melihat adanya fakta ini, penderita asam urat memang sebaiknya tak lagi mengonsumsi mie instan.

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!

*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria

 



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel