8 Manfaat Kapulaga Bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres!

Daftar Isi [Tampilkan]
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

kapulaga-doktersehat

DokterSehat.Com – Rempah-rempah memang sangat beragam jenisnya. Umumnya berbagai jenis rempah bisa dijadikan bumbu makanan hingga obat herbal. Salah satu jenis rempah yang sudah tidak asing di pasaran adalah kapulaga. Rempah jenis apa sebenarnya kapulaga itu? Adakah manfaat kapulaga selain untuk dijadikan bumbu makanan? Bagaimana cara mengolah kapulaga? Temukan jawabannya di sini!

Apa Itu Kapulaga?

Kapulaga adalah jenis rempah yang dihasilkan dari beberapa jenis tanaman. Ya, Anda mungkin akan bingung ketika melihat buah yang menghasilkan kapulaga, karena ternyata kapulaga dihasilkan dari biji tanaman-tanaman dari genera (genus) Elettaria dan Amomun. Tanaman penghasil kapulaga masuk ke dalam famili Zingiberaceae atau yang lebih dikenal dengan jahe-jahean.

Jenis kapulaga yang paling banyak ditemui di Indonesia adalah kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga india atau kapulaga sabrang (Elettaria cardamomum). Buah kapulaga jawa berwarna merah dan berbentuk bulat, sedangkan kapulaga india memiliki warna hijau, dengan tekstur berserat, dan bentuk yang lonjong. Selain itu, terdapat juga kapulaga yang mirip dengan kapulahga jawa, tetapi memiliki warna kuning kelabu, beberapa orang menyebutnya kapulaga lokal.

Biji kapulaga dari jenis Amomum dan Elettaria memiliki bentuk yang sedikit berbeda. Biji Amomun ukurannya lebih besar dengan warna coklat kehitaman. Biji kapulaga dari Elettaria warnanya tidak sepekat kapulaha dari Amomum.

Manfaat Kapulaga

Sama seperti jenis jahe-jahen lainnya, kapulaga juga bisa dijadikan sebagai bumbu masakan. Tapi di samping manfaatnya sebagai penyedap rasa, kapulaga juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kapulaga bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui!

1. Mengurangi stres

Manfaat kapulaga yang pertama adalah untuk memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres. Kapulaga ampuh sebagai obat herbal yang memiliki sifat antidepresan. Mengonsumsi dan juga menghirup aroma kapulaga dipercaya dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan. Konsumsi kapulaga secara rutin dapat terus membuat mood Anda membaik dan Anda pun bisa mengurangi dan juga menghindari stres.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat kapulaga selanjutnya adalah sangat baik untuk menjaga saluran pencernaan. Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah dengan kandungan serat yang tinggi. Terdapat kandungan 2 gr serat untuk setiap satu sendok kapulaga. Maka dari itu, kapulaga sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan.

Bagi Anda yang memiliki masalah sembelit atau sulit buang air besar, kapulaga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Selain mengatasi sebelit, kapulaga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut lainnya seperti mengontrol empedu dan asam lambung, mengatasi nyeri perut, mengatasi kejang usus, hingga memperbaiki nafsu makan.

3. Mencegah infeksi

Manfaat kapulaga yang ketiga adalah menjaga tubuh dari berbagai penyakit akibat infeksi. Kapulaga memiliki sifat antimikroba, sehingga kapulaga mampu untuk melawan berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur tertentu yang bisa menyebabkan infeksi dan gangguan dalam tubuh. Bisa dikatakan bahwa kapulaga adalah salah satu jenis obat herbal yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Obat nyeri

Manfaat kapulaga lainnya adalah ampuh dijadikan sebagai obat berbagai jenis nyeri. Kapulaga memiliki sifat analgesik yang mampu untuk meredakan ras nyeri. Selain itu, kapulaga juga ternyata memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menyembuhkan berbagai macam peradangan yang mungkin mejadi penyebab nyeri yang dirasakan.

Beberapa penyakit yang bisa diatasi oleh kapulaga antara lain adalah sakit gigi, gusi bengkak, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan banyak gangguan tubuh lainnya.

5. Baik untuk tulang

Manfata kapulaga yang kelima adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Kapulaga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tulang. Beberapa di antaranya adalah seperti vitamin C dan juga mangan. Zat-zat ini memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan juga kesehatan tulang. Kepadatan tulang yang terjaga akan menghindarkan Anda dari penyakit osteoporosis.

6. Menjaga kesehatan ginjal dan saluran kencing

Sebelumnya disebutkan manfaat kapulaga yang ampuh dijadikan sebagai obat sembelit. Ternyata selain sebagai obat sembelit, kapulaga juga ampuh untuk menyelesaikan masalah buang air kecil. Kapulaga memiliki sifat diuretik yang berguna untuk menjaga kesehatan ginjal Anda.

Salian itu, kapulaga juga ampuh untuk mencegah penyakit seperti infeksi saluran kemih (sistitis) dan juga peradangan pada ginjal (nefritis). Kesehatan ginjal dan saluran kemih yang terjaga akan sangat membantu dalam kelancaran sistem ekskresi tubuh.

7. Mengobati batuk dan pilek

Manfaat kapulaga selanjutnya adalah dapat mengobati batuk dan pilek. Kapulaga bisa memberikan efek menenangkan dan juga membantu mengencerkan dahak. Pernapasan pun menjadi lebih lancar. Rasa dari kapulaga juga mampu untuk memberikan efek hangat sehingga Anda juga bisa terhindar dari kedinginan.

8. Kesehatan mulut dan tenggotokan

Menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan ternyata juga merupakan salah satu manfaat kapulaga. Kapulaga dengan sifat antiinflamasinya bisa meredakan gejala seperti sariawan hingga radang tenggorokan. Kapulaga juga dipercaya ampuh untuk meredakan napas tidak sedap dan membuat napas menjadi lebih segar.

Cara Menggunakan Kapulaga

Anda tentunya penasaran bagaimana kapulaga bisa digunakan untuk mejadi obat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Kapulaga bisa Anda temukan di pasaran dalam berbagai bentuk, mulai dari biji kapulaga yang sudah dikeringkan, kapulaga bubuk, suplemen kapulaga, teh kapulaga, minyak kapulaga, hingga jamu kapulaga.

Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan atau penyakit yang diderita. Kapulaga sebagai penurun stres, Anda bisa menggunakan teh kapulaga. Sedangkan untuk kapulaga sebagai obat nyeri bisa Anda gunakan minyak kapulaga atau dengan konsumsi suplemen kapulaga.

Belum terdapat dosis medis untuk penggunaan kapulaga, sehingga Anda harus berhati-hati menggunakannya dan jangan menggunakannya secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang terlalu lama. Perlu diketahui bahwa penggunaan kapulaga yang berlebihan dalam jangka waktu yang panjang juga bisa menimbulkan efek samping seperti alergi dan juga komplikasi batu empedu.

Berikut adalah beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan sebelum konsumsi kapulaga:

  • Jika Anda menggunakan kapulaga dalam bentuk suplemen, sebaiknya perhatikan komposisi bahan lainnya karena kemungkinan suplemen tidak hanya mengandung kapulaga murni.
  • Pengobatan menggunakan obat herbal seperti kapulaga seharusnya tidak dilakukan dalam jangka panjang. Segera hentikan pengobatan dan konsultasikan ke dokter jika gejala penyakit tidak membaik dalam waktu tiga hari.
  • Jika Anda sedang dalam pengobatan lain atau menngonsumsi obat resep lain, sebaiknya konsultasikan lebih dulu pada dokter tentang penggunaan kapulaga sebagi obat pendamping.
  • Barengi penggunaan kapulaga dengan pola hidup sehat seperti menghindari alkohol dan rokok, menjaga pola makan, menjaga pola tidur, dan olahraga rutin agar obat herbal ini juga bisa bekerja dengan baik.

Itu dia sekilas tentang manfaat kapulaga dan juga hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan kapulaga. Apakah Anda tertarik untuk mencoba obat herbal yang satu ini? Selain sebagai pengobatan, Anda juga bisa menjadikan kapulaga sebagai bumbu makanan yang mungkin akan dapat membantu meningakatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Selamat mencoba!

Halo, Teman Sehat!

Anda diundang ke #AksiSehatCeria bersama DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 15 September 2018 pukul 10.00 – 13.00 WIB.

Yuk, datang dan ikut donor darah + health talk*, lomba blog berhadiah jutaan rupiah, dan dapatkan merchandise keren. GRATIS!
*Registrasi: http://bit.ly/AksiSehatCeria



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel